amarullz

Programming is an art, Bridging between technically and asthetically.


Bookmark This Page · Follow me at Twitter! · Become my Friend at Facebook · My Google+

Perkenalkan… Saya GNU/Linux.

Perkenalkan… Saya GNU/Linux.

Untuk para pecinta Windows, mungkin sedikit ekstrim bila disuruh menggunakan sistem operasi dengan nama yang satu ini: “Linux“. Banyak orang yang merasa takut untuk menggunakannya karena informasi-informasi yang didapatnya selalu tersaji secara “Terlalu Teknis“, dan membuat mereka putus asa sebelum mereka sendiri memulai mencobanya.

Kali ini saya akan menjelaskan GNU/Linux dengan penyajian yang saya harapkan jauh dari bahasa yang Teknis (hahahahaha).

Kita mulai saja dengan screenshoot berikut:

Tampilan GNU/Linux - Distro openSUSE yang saya Gunakan

Apa masih merasa takut dengan GNU/Linux setelah melihat screenshoot di atas?.

Sebenarnya apapun yang dapat dilakukan oleh Windows secara dasar dapat juga dilakukan oleh GNU/Linux. Pada gambar di atas dapat di lihat bahwa GNU/Linux memiliki aplikasi-aplikasi yang tidak kalah bagusnya dengan yang dimiliki oleh Windows. Web Browser (Firefox, Opera, Konqueror dan masih banyak yang lainnya), Instant Messenger (Pidgin yang dapat mengakses Yahoo Messenger, Google Talk, dan sebagainya), Google Gadgets yang mirip dengan Windows Sidebar pada Windows Vista, dan… dan… dan… dan… banyak lagi yang lainnya.

XMMS dan Bluefish

Ingin mendengarkan musik? tinggal buka aplikasi XMMS, tampilan sederhana yang efektif ala Winamp 2 dapat dinikmati dengan aplikasi ini. Selain XMMS masih banyak aplikasi media/music player yang dapat digunakan seperti halnya Mozilla SongBird, Banshee, VLC, MPlayer, Real Player, Totem, dan sebagainya, mungkin akan dibahas pada blog post yang akan datang.

Aplikasi utama yang selalu setia menemani saya adalah Text Editor untuk melakukan coding pemrograman. Saya selalu terpaku pada UltraEdit bila sedang menggunakan Windows, itulah dulu yang membuat saya tidak dapat meninggalkan Windows dan beralih pada GNU/Linux. Tapi sekarang Bluefish sekarang sudah dapat mengatasi kendala tersebut.

Bener Masih Ketinggal sama Windows?

Sayangnya saya tidak akan berbicara secara teknis di sini, soalnya bila secara teknis Windows-lah yang tertinggal jauh dari GNU/Linux. Kita sekarang berbicara tentang Look and Feel atau Design. Sekarang ini software-software pendukung GNU/Linux sudah sangat modern dan kreatif, terutama pada segi tampilan. Screenshoot di atas merupakan efek 3D yang akan tampil ketika kamu berpindah jendela aplikasi, Kamu dapat mensetnya pada kombinasi standard Alt+Tab, atau ketika kamu mengarahkan cursor ke kanan atas layar, ataupun apa yang kamu rasa lebih enak untuk digunakan.

Nah Itulah sedikit tentang GNU/Linux. Semoga di lain kesempatan saya dapat memposting hal-hal lain yang sangat menarik soal GNU/Linux.

Sekarang saya sudah menjadikan GNU/Linux sebagai sistem operasi utama pada Komputer yang saya gunakan. Bagaimana dengan kamu ?. Sudah mencoba atau Sudah Tertarik.

Bila ada pertanyaan dan masukan atau diskusi tentang GNU/Linux, saya dengan senang hati akan membantu. Ok sampai berjumpa pada posting berikutnya…..

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 26 Juni 10 - 16:34 WIB
Dalam Kategori : BLUEFISH, FIREFOX, GNU/LINUX, KOMPUTER, LINUX, OPERA, OPERASI SISTEM, XMMS
Dibaca sebanyak : 2554 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Irfan JanuarIrfan Januar · hayang euy
Diposting pada : Senin, 28 Juni 10 - 11:42 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback