amarullz

Programming is an art, Bridging between technically and asthetically.


Bookmark This Page · Follow me at Twitter! · Become my Friend at Facebook · My Google+

Featured Blog
Featured

4 Regular Expressions yang Wajib Untuk Kita Ketahui

4 Regular Expressions yang Wajib Untuk Kita Ketahui
Regular expressions adalah bahasa tersendiri. Ketika Kita belajar tentang bahasa pemrograman, mungkin ada bagian bahasa pemrograman yang tidak masuk di akan ketika pertama kali kita melihatnya. Sering kali kita mencari tutorial, artikel atau buku hanya untuk mengerti susunan "sederhana" tersebut. Sekarang kita ulas 4 regular expressions yang wajib kita tahu untuk coding kita selanjutnya.
 

Apa itu Regular Expressions?

Dalam perkomputeran, regular expressions memberikan fleksibilitas dalam identifikasi dan modifikasi string atau text, seperti parsing karakter atau kata atau susunan karakter. Regular expressions ditulis dalam bahasa formal yang dapat di interpretasikan oleh pemproses regular expressions, biasanya suatu bahasa pemrograman seperti PHP atau Javascript memiliki fungsi tersendiri untuk melakukan/menjalankan regular expressions ini.
 
Berikut adalah 4 Regular Expressions yang sering digunakan dan wajib untuk kita ketahui.
 

Mencocokkan Username

Pola:
/^[a-z0-9_-]{3,16}$/

Deskripsi:

Kita mulai dengan memberi tahu parser untuk mencari awal dari string ^, diikuti oleh karakter alphabet lowercase a-z, numerik 0-9, garis bawah atau karakter minus. Selanjutnya yakinkan bila panjang karakter tersebut memiliki minimal 3 karakter dan maksimal 16 karakter {3,16}. Dan diakhiri oleh akhir dari string $.
 
String yang cocok:
My-us3r_n4m3
 
String yang tidak cocok:
th1s1s-wayt00_l0ngt0beausername ( terlalu panjang )
 

Mencocokkan Password

Pola:
/^[a-z0-9_-]{6,18}$/

Deskripsi:

Mencocokkan Password hampir sama dengan mencocokkan username, perbedaannya hanya pada minimal dan maksimal karakter yang harus dimasukkan, pada kasus ini kita ingin memberi batas minimal 6 karakter, dan maksimal 18 karakter {6,18}
 
String yang cocok:
myp4ssw0rd
 
String yang tidak cocok:
mypa$$w0rd ( berisi karakter $ )
 

Mencocokkan Email

Pola:
/^([a-z0-9_\.-]+)@([\da-z\.-]+)\.([a-z\.]{2,6})$/

Deskripsi:

Kita mulai dengan memberi tahu parser untuk mencari awal dari string ^, dalam grup pertama, kita cocokkan satu atau lebih karakter lowercase, numerik, garis bawah, titik atau karakter minus. Karakter titik di tambahkan backslash \. sebagai escaped character karena bila tidak ditambahkan arti titik berarti karakter apa saja. Setelah itu harus terdapat karakter at @ kemudian diikuti nama domain yang harus berisi: satu atau lebih karakter lowercase, numerik, garis bawah, titik atau karakter minus ( Titik yang ini juga ditambahkan backslash \. ) dengan extension terdiri dari 2 sampai 6 karakter atau titik. Ditambahkan 2 sampai 6 karena spesifikasi TLD Top Level Domain pada negara-negara tertentu .co.id atau .ac.id. Dan diakhiri oleh akhir dari string $.
 
String yang cocok:
amarullz@ahmad.com
 
String yang tidak cocok:
amarullz@ahmad.domainsaya (TLD terlalu panjang)
 

Mencocokkan URL

Pola:
/^(https?:\/\/)?([\da-z\.-]+)\.([a-z\.]{2,6})([\/\w \.-]*)*\/?$/

Keterangan:

Kita mulai dengan mencari susunan karakter yang berisi http://, https:// atau tanpa itu, pada pola https? terdapat karakter ? yang memberitahukan bahwa karakter s boleh ada atau tidak, kemudian diikuti pola :\/\/ yang berarti mencari karakter ://, karena karakter slash merupakan salah satu karakter sintaks yang harus di tambah escaped character (back slash). pola https?:\/\/ berada dalam satu grup yang diberi tanda tanya ?, yang maksudnya http[s]:// boleh ada, boleh juga tidak.

Berikutnya nama domain yang maksudnya hampir sama dengan nama domain pada pola email. Diikuti oleh bagian path (direktori dan nama file) di dalam satu grup yang harus berisi: karakter apa saja termasuk numerik, slash /, garis bawah, spasi, titik, atau karakter minus. Kemudian dengan adanya karakter * menerangkan bahwa group ini dapat di ulang berapa kalipun. Dan diakhiri oleh akhir dari string $.
 
String yang cocok:
http://net.tutsplus.com/about
 
String yang tidak cocok:
http://google.com/some/file!.html (Terdapat ! pada path)
 
Saya harap dengan penjelasan singkat ini, kita dapat setidaknya mengerti atau menggunakan pola-pola di atas untuk kepentingan coding kita. Terima Kasih telah menyimak blog ini, dan jangan lupa untuk memberikan komentar dan rating bagus.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 07 Juli 10 - 09:27 WIB
Dalam Kategori : REGEX, REGULAR, EXPRESSIONS, PROGRAMMING, PEMROGRAMAN.
Dibaca sebanyak : 5140 Kali
SHiCHi SaPTo SieBeNSHiCHi SaPTo SieBeN · Hal-hal sederhana yang jarang diajarkan.. Makasih, Kang..
Diposting pada : Rabu, 07 Juli 10 - 18:11 WIB
Padang Adiguna (بادانج أدغنى)Padang Adiguna (بادانج أدغنى) · benar...benar...setuju sekali itu!!!!!!!!!!!!!!
Diposting pada : Jumat, 09 Juli 10 - 22:57 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback